Jumat, 16 November 2018

OTAK-OTAK BANDENG

OTAK-OTAK BANDENG


OTAK-OTAK BANDENG

Bandeng merupakan salah satu hasil perikanan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi, dan mudah didapatkan. Karena mempunyai banyak duri maka perlu dilakukan suatu cara pengolahan yang tepat supaya diminati oleh konsumen.
Salah satu bentuk olahannya adalah dengan dibuat menjadi otak-otak bandeng. Yaitu suatu olahan bandeng yang diperoleh dengan cara mencampur daging bandeng dengan bumbu-bumbu sehingga diperoleh produk baru tanpa menghilangkan citarasa khas bandeng.
Bahan yang digunakan :
1Ikan Bandeng segar2 kg (8 ekor)
2Telur ayam5 butir
3Bawang merah10 siung
4Bawang putih15 siung
5Ketumbar1 sdt
6Merica½ sdt
7GulaSecukupnya
8GaramSecukupnya
9Kencur2 cm
10Daun jeruk purut5 lembar
11Daun salam2 lembar
12Cabe merah besar5 buah
13Santan kental500 ml
Alat-alat yang digunakan :
1Pisau7Kompor
2Telenan8Dandang
3Ulekan kayu9Oven
4Baskom10Suthil
5Wajan11Sendok
6Panci presto12Perasan santan
Langkah Kerja :
  1. Bandeng dihilangkan sisiknya, sayat bagian bawah sirip pectoral untuk mengeluarkan isi perutnya, dan dihilangkan insangnya. Kemudian cuci hingga bersih dari darah dan kotorannya.
  2. Pukul-pukul bagian punggung bandeng dengan ulekan, lanjutkan dengan memukul-mukul sisi tubuh yang lain sampai tubuh bandeng lemas.
  3. Keluarkan daging dan tulang dari lubang sayatan tadi dengan cara membalik kulit bandeng, sehingga kulit bagian dalam menjadi bagian luar, dan bisa diambil semua daging yang menempel dengan cara dikerok dengan pisau atau sendok.
  4. Balik kulit lagi dan kembalikan seperti posisi semula, lalu rendam dalam air garam, selama proses pemasakan daging, agar tidak terjadi kemunduran mutu.
  5. Untuk membuang duri yang ada pada bandeng tersebut, tumislah bersama dengan minyak goreng sedikit. Pastikan menggunakan minyak goreng secukupnya saja dan juga gunakan api sedang. Setelah durinya muncul ke permukaan, buang semua duri tersebut.
  6. Pisahkan daging dan tulang yang telah dikelurkan, campur dengan santan kental, aduk rata. Presto campuran daging, tulang dan santan sampai lunak (empuk).
  7. Iris halus daun jeruk nipis dan cabe merah besar yang telah dihilangkan bijinya. Tumis hingga layu. Sisihkan.
  8. Haluskan bumbu-bumbu (bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, kencur, gula dan garam). Dan Tumis hingga harum, kemudian masukkan daging bandeng yang telah dipresto, aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan tumisan daun jeruk dan cabe. Angkat dari kompor dan dinginkan.
  9. Kocok telur dan campurkan dalam adonan daging, sampai rata.
  10. Keluarkan kulit bandeng dari rendaman garam dan cuci hingga bersih, agar rasa asin hilang.
  11. Masukkan adonan daging ke dalam kulit dan kepala bandeng sampai terisi penuh. Kemudian kukus selama 30 menit.
  12. Kemudian bandeng yang dikukus matang dioven hingga kering.
  13. Otak-otak bandeng siap dikemas.
Diagram alir pengolahan otak-otak bandeng :



Sumber :
dkp.jatengprov.go.id/index.php/artikel/bidangpukp/otak-otak-bandeng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGOLAHAN IKAN GURAME

PENGOLAHAN IKAN GURAME A.       Potensi Ikan Gurami Ikan  Gurami  adalah jenis  ikan air tawar  yang sangat populer dan digemar...